Hasil Pencarian

Kamis, 10 Desember 2009

Manajemen Free Space untuk Penyimpanan File

Seringkali permasalahan komputer lambat hanya disebabkan karena kurangnya pemeliharaan terhadap komputer, jika kita malas membongkar komputer kita, kita dapat mengatasi dengan mengoptimalkan sistem operasi yang ada, dari artikel-sebelumya telah dibicarakan bagaimana cara mengoptimalkan komputer kita.

Pada bahasan kali ini, saya ingin mengutarakan tips tentang manajemen freespace untuk mengoptimalkan penyimpanan file. Beberapa hal yang perlu kita perlu ketahui sebelum melakukan manajemen ini adalah dengan mencatat:

* Kapasitas hardisk
* Jumlah partisi
* Kapasitas memory
* Daya power supply

Kapasitas hardisk sangat mutlak harus kita ketahui, selain itu kita juga harus tahu jumlah pertisi pada komputer kita, untuk kapasitas memory kita perlu mengetahui untuk keperluan menggunakan virtual memory, sedangkan kapasitas daya power supply untuk mengetahui seberapa besar beban yang harus ditanggung oleh power supply, baiklah kita bahas satu-persatu.

Kapasitas hardisk yang ada misalnya 80 GB, untuk mengetahui kita dapat membongkar komputer dan lihat pada hardisk kapasitas yang tertulis, biasanya hal ini sangat sulit mengingat kita harus bongkar-bongkar komputer kita, berikut cara mengetahui kapasitas hardisk.

* Buka Windows Explorer
* Klik My Computer
* Klik View - Details
* Pada bagian kanan silahkan jumlahkan total size hardisk drives

Jika jumlah hardisk kita 80 GB, anda tidak akan menemukan hasil 80GB dan hanya menemukan angka 74,5 GB, tahu kenapa? karena sebenarnya kapasitas hardisk kita adalah 80.000.000.000 byte, sedangkan 1 kb = 1024 b, 1 mb = 1024 kb, 1 gb = 1024 mb, jadi kita harus membagi 800000000000 dengan angka 1024 untuk menjadi kb, dibagi lagi 1024 untuk menjadi mb dan dibagi lagi 1024 untuk menjadi gb.

Untuk mengetahui jumlah partisi kita juga harus masuk ke Windows Explorer, pada bagian kanan kita dapat melihat partisi-partisi yang biasanya dibagi menjadi beberapa dengan alamat-alamat drive, C:, D:, E:, dan seterusnya, untuk hardisk maka sebelum label/nama drive akan ada lambang hardisk (bukan CD atau Disket).

Untuk mengetahui Kapasitas memory, silahkan gunakan cara berikut:

* Pada desktop/halaman depan di layar komputer, silahkan klik kanan My Computer - pilih Properties, atau buka Windows Explorer, pada My Computer silahkan klik kanan pilih Properties
* Pada tab utama/general pada bagian bawah (computer) akan terdapat informasi processor dan kapasitas RAM/memory

Untuk mengetahui daya power supply, kita mutlak harus membongkar komputer.

Contoh Aplikasi Manajemen Freespace:

* Misal kapasitas hardisk = 80 GB atau 74,5 GB

* Jumlah Partisi = 4 (C:, D:, E:, F:) dengan ketentuan, masing-masing 25% x 74,5 GB = 18,62 GB

* RAM = 1 GB

Langkah terpenting adalah dengan menentukan freespace dari masing-masing drive, caranya pada windows explorer, pilih drive misal C:, klik kanan properties, catat masing-masing free space-nya, semisal free space C: = 8,25 GB. Langkah berikutnya adalah gunakan virtual memory seperti pada artikel sebelumnya, gunakan initial size dan maximum size = 2000. Dengan demikian free space pada C: atau partisi pertama akan dikurangi 2000, maka free space pada C: menjadi 6,25 GB. Aturan dasar untuk mengoptimalkan manajemen free space adalah dengan menyisakan 15% dari kapasitas partisi.

Pada contoh di atas, 15% dari kapasitas partisi adalah 15% x 18,25 = 2,8 GB, sedangkan free space pada C: = 6,25 berarti komputer kita masih optimal.Untuk partisi-partisi lain kita hanya perlu memperhatikan free space dari masing-masing partisi jangan sampai mencapai 2,8 GB, jika hal tersebut terjadi, kita perlu menyimpan file-file dan data-data pada partisi lain yang memiliki free space yang lebih besar.

0 komentar:

Unlock