Hasil Pencarian

Kamis, 10 Desember 2009

Komputer Lambat,kenapa ?

Seringkali kita dibuat jengkel dengan adanya komputer kita yang sangat lambat, malah terkadang Hang dan Restart sendiri, kita tidak tahu, masalahnya dimana, padahal kita sudah menambah kapasitas memory kita. Apakah penambahan memory akan dapat mendorong kinerja komputer? secara matematis memang benar, semakin besar kapasitas memory yang terinstal pada komputer kita, maka komputer akan lebih cepat prosesnya. Tapi, ternyata masih banyak sekali faktor-faktor yang dapat mengurangi kecepatan dari proses pada komputer kita.

beberapa kemungkinan penyebab komputer kita lambat antara lain: permasalahan pada hardware, dan permasalahan pada software. Jika permasalahan terjadi pada hardware, kita dapat melakukan analisa-analisa kecil untuk memperkecil kemungkinan bertambah parahnya kerusakan pada komputer.

Berikut adalah beberapa tips untuk menganalisa kemungkinan kerusakan secara hardware:

1. Periksa secara manual power supply kita, buka power supply, cari apakah ada kapasitor yang cembung?, kapasitor cembung mengakibatkan suplai catu daya tidak tepat, jika anda bisa, cek semua tegangan dari masing-masing kabel, pastikan tepat. Jika anda bingung, anda bisa mengeceknya melalui BIOS, masuk BIOS (biasanya dengan menekan DEL ketika restart), cari item mengenai voltase power supply.

2. Periksa suhu dari komputer, hal ini dapat dilakukan dengan manual yaitu menyentuh kapasitor-kapasitor pada motherboard atau pendingin pada chipset, pastikan juga kipas CPU berputar dengan kencang, jika anda bisa menghentikan putaran kipas, segera ganti kipas. cara lain adalah dengan masuk BIOS, periksa PC Health, suhu normal CPU dan Temperature adalah kurang dari 55 derajat celcius.

3. Periksa RAM dan VGA, untuk memeriksa kedua komponen tersebut, kita perlu melepas dan memberishkan komponen tersebut, pasang pada komputer lain untuk mengetahui performanya, pada memory, hindari pemasangan beberapa memory dengan FSB yang berbeda, misal PC 3200 dengan PC 2700.

Kemungkinan lain kerusakan yang terjadi adalah pada software, pada software, kita dapat membedakan pada dua hal, yaitu Sistem Operasi dan Program Aplikasi;

a. Permasalahan pada Sistem Operasi

Pada Sistem operasi, permasalahan lambatnya komputer adalah pada penggunaan fitur-fitur yang mungkin tidak begitu penting, semisal visual efek, untuk mengurangi visual efek:

- klik kanan my computer - properties - advanced - performance - setting

- Pilih custom, pilihlah maksimal 3 ceklist paling bawah, apply ok

selain itu, kita juga dapat menambahkan virtual memory, caranya

- klik kanan my computer - properties - advanced - performance - setting -advance - virtual memory - change -

- pada initial size, masukkan 2 kali kapasitas memory, jika RAM kita 256, kita masukkan 512, lakukan hal yang sama untuk maximum size-nya, apply - ok - restart,

0 komentar:

Unlock