Hasil Pencarian

Jumat, 28 Agustus 2009

Tips Yum pada linux centOS

Yum adalah salah satu program paket manajemen dalam linux. Salah satu distro yang menggunakan program Yum ini adalah Centos.

Pada saat awal-awal instalasi distro ini memang belum banyak support program-program khusus yang biasa kita gunakan, seperti program media beserta library penyertanya, sehingga mau tidak mau kita harus menginstalnya dengan cara manual.

Beruntung bagi mereka yang memiliki cd/dvd repositorinya, Ia tinggal tambahkan pada yum repo file agar program ini mencari paket-paket instalasinya ke cd/dvd sumber. Bagaimana dengan yang tidak memilikinya? Ya mau tidak mau harus download paket-pake tersebut ke melalui jalur internet.

Secara default yum mensetting paket hasil download dalam folder dan jika sudah menginstalnya kedalam sistem maka secara otomatis paket-paket tersebut akan dihapus.

Nah, agar kita tidak bolak-balik download jika kita melakukan instal ulang sistem, maka sebaiknya kita matikan setingan default yum itu dan kita backup paket-paket tersebut kedalam partisi atau media lain. Paket instalasi yang kita backup ini nantinya bisa digunakan kembali menjadi repositori local.

Berikut adalah cara untuk mematikan setingan tersebut :

# Vim /etc/yum.conf
Selanjutnya, ganti nilai pada parameter "keepcache" menjadi bernilai "1" (tanpa tanda petik), sehingga hasilnya seperti :
keepcache=1

Jika sudah dirubah, maka silahkan instal semua program yang anda butuhkan, dengan repositori mengarah ke internet dan jangan lupa membackup semua paket-paket yang sudah terdownload ke media lain. Adapun letak paket yang didownload tersebut adalah pada folder /var/cache/yum/source_repo/package.

0 komentar:

Unlock