Hasil Pencarian

Senin, 24 Agustus 2009

Ping, Traceroute , Arp

yang namanya belajar komputer dasar ya begini inilah apa aja yang dianggap dasar dipelajari dengan seksama dan memahami nya dengan penuh tulus.. biarpun dasar memang harus tahu.. baik itu Ping, traceroute dan arp.. nah untuk itu aku berikan pengertian nya nanti cara prakteknya belakangan ya.. hehehehe..
PING
Ping adalah program tersederhana dari aplikasi TCP/IP. Ping mengirimkan IP datagram ke suatu host dan mengukur waktu round trip dan menerima respon. Ping merupakan singkatan dari Packet InterNet Groper.
Ping menggunakan pesan ICMP echo dan echo reply.
Ping dapat juga digunakan untuk memastikan installasi IP address di suatu host. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu :
• Ping loopback : test terhadap software TCP/IP
• Ping IP alamatku : test perangkat jaringan di host tersebut
• Ping alamat IP suatu host lain : test apakah jalur sudah benar
• Ping nama dari suatu host : test apakah sistem DNS sudah berjalan.

TRACEROUTE
Aplikasi traceroute melacak jalur mana saja yang dilalui untuk menuju ke suatu host tujuan. Cara kerja traceroute dengan mengirimkan pesan dengan TTL = 1. Dimana apabila sudah mencapai suatu target jumlah TTL akan menjadi 0, dan ini akan memberikan pesan ke pengirim dengan pesan time exceeded, sehingga host akan mengirimkan lagi pesan ICMP dengan nilai TTL diperbesar. Proses ini dilakukan terus hingga mencapai host yang dituju.

ARP
Protokol ARP digunakan untuk merubah protokol pengalamatan pada layer yang lebih atas (IP Address) menjadi alamat fisik jaringan.

0 komentar:

Unlock